Kurikulum

Kurikulum


Alur Penentuan Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Teknik Fisika Universitas Telkom tahun 2016 mengacu pada Keputusan Rektor Nomor KR.509/AKD04/WR1/2016 tentang kerangka dasar struktur kurikulum program studi di lingkungan Universitas Telkom. Kerangka dasar struktur kurikulum tersebut ditunjukkan pada Gambar 1 , sedangkan alur penyusunannya ditunjukkan pada Gambar 2.

Gambar 1. Kerangka dasar struktur kurikulum serial
Gambar 2. Flowchart penyusunan kurikulum

 

Diagram peta jalan kurikulum Program Studi S1 Teknik Fisika tahun 2020 ditunjukkan pada Gambar 2 dan dipaparkan secara rinci dalam Tabel 1. Merujuk pada kriteria yang ditetapkan IABEE, kurikulum program studi dirancang agar dapat mengakomodasi kesesuaian antara capaian pembelajaran prodi dan bidang kajian yang meliputi wawasan, matematika dan sains dasar serta bidang kerekayasaan.

Struktur kurikulum didesain agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi selama 8 semester seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1. Untuk mengoptimalkan penguasaan capaian pembelajaran pada mahasiswa, secara umum struktur kurikulum disusun sebagai berikut: (1) wawasan umum terkait dengan kebangsaan, agama dan etika, Bahasa dan beberapa bidang matematika dan sains dasar seperti fisika dasar dan kalkulus ditempatkan di tingkat satu; (2) Pada tingkat dua, mahasiswa diperkenalkan dengan dasar-dasar kerekayasaan seperti elektronika, termodinamika teknik, dan lainnya, serta beberapa mata kuliah matematika dan sains dasar lanjutan seperti halnya matematika rekayasa, fisika modern dan lain sebagainya; (3) Tingkat tiga dirancang untuk mengakomodir mata kulih kerekayasaan yang lebih lanjut yang menjadi bidang kajian utama di prodi, seperti halnya teknik instrumentasi, kontrol automatik, serta mata kuliah kebidangan lainnya. Keseluruhan mata kuliah ini diarahkan untuk mendukung kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan dan mengimplementasikan konsep caption design untuk menyelesaikan persoalan keteknikkan dalam dunia industri dan kehidupan sehari-hari. (4) Dengan bekal pemahaman-pemahaman pada tingkat sebelumnya, pada tingkatan empat, mahasiswa diarahkan untuk mengembangkan lebih lanjut bidang kerekayasaannya secara lebih khusus dalam bentuk pengerjaan tugas akhir serta beberapa mata kuliah pilihan untuk membantu pengkhususan bidang kerekayasaannya.

Struktur Kurikulum Program Studi

Struktur kurikulum program studi disusun dengan memperhatikan bobot bahan kajian yang tersedia untuk setiap mata kuliah. Berdasarkan kondisi tersebut, struktur kurikulum 2020 Program Studi S1 Teknik Fisika disusun sebagaimana berikut:

 

Tabel 1 Struktur Kurikulum Program Studi S1 Teknik Fisika pada Kurikulum 2020 (Restrukturisasi)

Pada kurikulum 2020, Universitas Telkom memiliki program unggulan kurikulum WRAP (Work Ready Program). Program WRAP ini dikelola pada tingkat universitas dengan menambahkan beberapa mata kuliah WRAP di tingkat universitas. Program WRAP terdiri dari 4 pilihan kurikulum, yaitu internship, researchship, entrepreneurship, dan apprenticeship. Dengan mengembangkan 4 pilihan struktur kurikulum tersebut maka mahasiswa akan lebih siap menghadapi tantangan di era industri 4.0. Skema WRAP yang diselenggarakan oleh Program Studi S1 Teknik Fisika dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Skema WRAP Program Studi S1 Teknik Fisika

NoSkema WRAPTotal SKS
1Free/Kebebasan21 SKS
2WRAP Entrepreneurship18 SKS
  + 1 MK Pilihan (3 SKS)
3WRAP Internship9 SKS
  + Proposal Tugas Akhir (2 SKS)
  + Tugas Akhir (4 SKS)
  + 2 MK Pilihan (6 SKS)
4WRAP Researchship18 SKS
  + 1 MK Pilihan (3 SKS)
5WRAP ApprenticeshipKondisional, selain 1 MK Apprenticeship (UPI4A3)
  + Proposal Tugas Akhir (2 SKS)
  + Tugas Akhir (4 SKS)
  + MK Pilihan (menyesuaikan jumlah SKS)

Terkait kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Pasal 18, Universitas Telkom telah mengeluarkan kebijakan dan regulasi MB-KM dalam bentuk Standar Proses Pembelajaran Universitas Telkom (Tel_U-UT-REK-SPM-SN-1.3). Kebijakan ini menjadi dasar program studi S1 Teknik Fisika Universitas Telkom untuk melakukan penyesuaian proses pembelajaran di level prodi.

Untuk memfasilitasi mahasiswa yang menempuh proses pembelajaran melalui skema MB-KM maupun secara konvensional (tanpa kegiatan MB-KM), maka kebijakan yang dilakukan prodi S1 Teknik Fisika Universitas Telkom adalah sebagai berikut:

  1. Program studi menyusun kurikulum yang lebih fleksibel yang mampu mengakomodasi skema MB-KM dan konvensional sekaligus.
  2. Mata kuliah wajib program studi dan institusi dirancang dapat diselesaikan dalam 6 semester yaitu pada semester 1 sampai dengan 5 dan pada semester 8. 
  3. Pada semester 6 dan 7 dialokasikan untuk pelaksanaan pembelajaran MB-KM bagi mahasiswa yang menempuh skema pembelajaran non-konvensional.

Pengaturan ini dilakukan untuk menjamin bahwa tidak ada mata kuliah wajib program studi maupun institusi yang terlewat ketika mahasiswa mengambil mata kuliah di luar prodi dalam perguruan tinggi maupun mengambil kegiatan MB-KM di luar perguruan tinggi serta agar mahasiswa tetap dapat menyelesaikan studinya tepat waktu (maksimal 8 semester). Pada kurikulum 2020 juga dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu 7 semester. Skema proses belajar MB-KM yang diusulkan Prodi Teknik Fisika Universitas Telkom ditunjukkan pada Gambar 3.

Gambar 3 Proses Belajar Kampus Merdeka Prodi Teknik Fisika Universitas Telkom

 

Kebijakan yang dibuat ini mengakomodasi hak mahasiswa untuk belajar di luar prodi maksimal 3 semester; 1 semester belajar di luar prodi dalam perguruan tinggi dan dua semester lainnya dapat menempuh pembelajaran di luar perguruan tinggi. Artinya jika seorang mahasiswa telah mengambil haknya untuk melakukan salah satu dari 8 bentuk kegiatan MB-KM di luar perguruan tinggi melalui skema yang manapun, maka mahasiswa tersebut memiliki satu semester lagi untuk mengikuti kegiatan belajar MB-KM di luar perguruan tinggi. Delapan bentuk pembelajaran MB-KM di luar kampus ditunjukkan pada Gambar 4.

Gambar 4. Delapan bentuk pembelajaran di luar kampus (Sumber: dikti.kemdikbud.go.id)

 

Pada semester 8, seluruh mahasiswa kembali melaksanakan pembelajaran di prodi Teknik Fisika untuk mengerjakan Tugas Akhir dan diberi kesempatan menyelesaikan sejumlah mata kuliah yang belum diambil pada semester-semester sebelumnya. Pada satu semester ini, program studi akan telaah, peninjauan, dan evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan terhadap pencapaian capaian pembelajaran (CP) mahasiswa melalui kegiatan MB-KM. Pada kurikulum yang diusulkan ini, baik mahasiswa yang menempuh pembelajaran secara konvensional maupun yang melalui skema MB-KM dapat menyelesaikan studi S1 Teknik Fisika (lulus) minimal dengan 146 SKS. Struktur kurikulum prodi Teknik Fisika dalam skema MB-KM ditunjukkan pada Tabel 3.

Tabel 3 Struktur Kurikulum Program Studi dalam Skema Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Peta Jalan Capaian Pembelajaran Melalui Struktur Perkuliahan

Peta jalan Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Teknik Fisika Universitas Telkom melalui struktur Perkuliahan ditunjukkan pada Tabel 4.

Tabel 4 Peta jalan capaian pembelajaran melalui struktur perkuliahan

 

Pengelompokan Mata Kuliah Prodi Berdasarkan Ketentuan IABEE

Mata kuliah yang telah disusun selanjutnya dipetakan ulang terhadap kelompok mata kuliah yang telah ditetapkan oleh IABEE sebagaimana tersaji dalam berikut.

 

 

Pemetaan mata kuliah terhadap Capaian Pembelajaran Program Studi

SemesterKodeMata KuliahSKSPLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14
1UKI1B2Pancasila211            
 UWI1D2Literasi Manusia2 10.5       0.5   
 TFI1A2Pengenalan Teknik Fisika3  1    1  0.5  0.5
 TUI1A3Fisika 13   3          
 TUI1B3Kalkulus 13   3          
 TUI1A1Praktikum Fisika 11    1         
 TUI1E3Algoritma dan Pemrograman3     111      
 TUI1E1Prakt. Algoritma dan Pemrograman1    1         
 UWI1E1Pembentukan Karakter HEI10.30.3        0.4   
2UKI1A2Kewarganegaraan211            
 TUI1H3Peng. Rekayasa dan Desain2      2       
 TUI1C3Kimia3   3          
 UAI1A2Pendidikan Agama dan Etika211            
 TUI1F3Fisika 23   3          
 TUI1G3Kalkulus 23   3          
 UWI1A2Bahasa Inggris2  2           
 TUI1F1Praktikum Fisika 21    1         
3TFI2C3Termodinamika Teknik3   1 2        
 TFI2D4Rangkaian Listrik dan Elektronika4     22       
 TUI2A3Probabilitas dan Statistika3   12         
 TFI2A3Matematika Rekayasa 13   3          
 TFI2K1Praktikum Teknik Fisika 11    1         
 UWI1B2Literasi Data2  2          v
 TFI2E3Fisika Modern3   3          
4TFI2F3Elektronika Digital3     1.51.5       
 TFI2G4Teknik Komputasi4   2 2        
 TFI2H3Gelombang dan Akustika3   1.5   1.5      
 TFI2B3Matematika Rekayasa 23   3          
 TFI2L1Praktikum Teknik Fisika 21    1         
 TFI2I1Teknik Konversi Energi3       3      
 TFI2J1Mekanika Fluida3   1.5 1.5        
5TFI3A3Analisis Termal3     1.5 1.5      
 TFI3B3Teknik Pengukuran3    111       
 TFI3C3Pengolahan Sinyal3   1 2        
 TFI3D3Perpindahan Kalor3   1.5  1.5       
 TFI3E3Dinamika Sistem3     3        
 TFI3F3Elektromagnetika3   3          
 TFI3K1Praktikum Teknik Fisika 31    1         
6TFI3G3Fisika Material3    1.51.5        
 TFI3H3Teknik Instrumentasi3     0.50.5 2     
 TFI3I3Pemodelan Simulasi3    1.51.5        
 TFI3J3Kontrol Automatik3     1.51.5       
 UWI3A2Kewirausahaan2          0.50.50.50.5
 TUI4A2Studium General20.250.25       0.250.50.25 0.5
 TFI3L1Praktikum Teknik Fisika 41    1         
  TUI3A2Kerja Praktek/Magang2 0.50.5         1 
7TUI3C2Ekonomi Teknik2         1 1  
 TUI4B2Proposal Tugas Akhir2  0.5  0.5   0.50.5   
 UKI1C2Bahasa Indonesia2  2           
 TFI4A2Keandalan dan Keselamatan2         1  1 
 TFI4..3MK Pilihan 13              
 TFI4..3MK Pilihan 23              
 TFI4..3MK Pilihan 33              
8UPI4A3Manajemen Proyek3           111
 1Tugas Akhir4  1     1 1 0.50.5
 TFI4..3MK Pilihan 43              
 TFI4..3MK Pilihan 53              
PilihanTFI4B3Mikrokontroler & IoT3     v v      
 TFI4C3Metode Non-Destructive Test3     vv       
 TFI4D3Sistem Kontrol Cerdas3     v        
 TFI4E3Rekayasa Semikonduktor3     v v      
 TFI4F3Mesin-mesin Listrik3     v        
 TFI4G3Manajemen Energi3        vv    
 TFI4H3Rekayasa Pendinginan3       v v    
 TFI4I3Polusi dan Kebencanaan3     v   v    
 TFI4J3Nanosain dan Nanoteknologi3     v   v    
 TFI4K3Biokimia3    v   v     
 TFI4L3Automasi Industri3     v        
 TFI4M3Kapita Selekta Material3     vv       
 TFI4N3Teknologi Sel Surya3     v v      
 TFI4O3Kapita Selekta Energi3      v  v    
 TFI4P3Elektronika Daya3     v        
 TFI4Q3Teknik Tomografi3      vv      
 TFI4R3Fisika Medis3     v        
 TFI4S3Sistem Energi dan Kontrol3     v        
Jumlah SKS  1293.555.059.536.5132311832.753.92.7543

 

Gambar 5. Pemetaan Mata Kuliah Wajib terhadap Capaian Pembelajaran Program Studi

 

Indikator Kinerja, Metode Pengukuran, dan Kriteria Pemenuhan Capaian Pembelajaran Program Studi

Indikator Kinerja, Metode Pengukuran, dan Kriteria Pemenuhan Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Teknik Fisika Universitas Telkom ditunjukkan pada tabel berikut:

Indikator kinerja, metode pengukuran, dan kriteria pemenuhan capaian pembelajaran program studi

Capaian Pembelajaran (CP)Indikator Kinerja Capaian PembelajaranMetode Pengukuran Capaian PembelajaranKriteria Pemenuhan Capaian Pembelajaran
(CP1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kemampuan leadership dan loyalitas yang tinggiMemahami aturan agamanya masing masingMemahami pentingnya agama sebagai pedoman hidup Mata kuliah yang terkait adalah: Pendidikan agama dan etika

Mampu mengkoordinasi, mengarahkan, dan mengambil keputusan dalam sebuah timMemiliki loyalitas terhadap tim dan rekan sejawatMemahami pentingnya kepemimpinan dalam suatu kelompokMemahami pentingnya loyalitas dalam suatu kelompokMemahami pentingnya kerjasama dan berlaku jujur dalam penyelesaian tugas Mata kuliah yang terkait adalah: Pancasila dan KewarganegaraanStudium Generale
Observasi mentoring yang dilakukan rutin setiap pekan oleh asisten dosen yang ditunjuk Ujian tertulis UTS dan UAS untuk mengukur pemahaman dan pendalaman materi kuliah

MK Kuliah Geladi dan Kerja Praktek (KP): ujian presentasi menyampaikan hasil geladi dan KP berupa penyelesaian tugas yang diberikan pembimbing lapangan baik secara berkelompok ataupun individuMK Pancaasila dan Kewarganegaraan, ujian terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas,
Quiz, UTS, dan UAS.MK Stadium Generale (SG) berupa Tugas yang dikumpulkan tiap minggu berupa resume dari materi yang diberikan oleh pembicara tamu pada SG
Mahasiswa mampu membaca kitab suci dan menjelaskan makna suatu ayat dalam kitab suci tersebutMahasiswa mengetahuihal hal yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan oleh agama dan menerapkannya dalam kehidupan sehari hariMenyebutkan contoh penerapan ajaran agama dalam kehidupan sehari hari.

Keberhasilan menyelesaikan permasalahan secara berkelompok (team work)Terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas kelompok  
   
(CP2) Memiliki tanggung jawab dan etika profesiKemampuan memahami dampak teknologi terhadap aspek kehidupan social, lingkungan, dan pembangunanKemampuan memahami etika profesi dan keteknikanMampu menunjukan sikap tenggung jawab terhadap tuas yang diberikanMampu menunjukan sikap baik dan menghormati rekan kerja Mata kuliah yang terkait adalah: Pendidikan agama dan etikaPancasila dan KewarganegaraanStudium GeneraleGeladiKerja Praktik  MK Agama dan MK Pancaasila dan Kewarganegaraan, ujian terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.MK Stadium Generale berupa Tugas yang dikumpulkan tiap mingguObservasi…pembimbing  Ketepatan mendeskripsikan, mengkategorikan dan menyimpulkan dampak teknologi terhadap aspek kehidupan social, lingkungan, dan pembangunanKetepatan mendeskripsikan, mengkategorikan dan menyimpulkan etika profesi Kehadiran tepat waktuKetepatan waktu mengumpulkan laporan  
(CP3) Memiliki kemampuan berkomunikasi efektif.  Kemampuan menyampaikan ide, gagasan, permasalahan secara lisan dengan menggunakan ketentuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang baku, serta kaidah keteknikan yang bakuKemampuan menuliskan ide gagasan, permasalahan, atau hasil pemikiran dan kajian secara tertulis sesuai dengan ketentuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta kaidah penulisan istilah keteknikan yang baku Mata kuliah yang terkait adalah:
Pengenalan Teknik Fisika Pengenalan Teknik Fisika Konsep Peng. Sains & Teknologi Bahasa Inggris IBahasa Inggris IIBahasa IndonesiaLiterasi TIK Geladi Kerja Praktek/Magang Penulisan Karya Ilmiah dan Proposal             Tugas Akhir  
Ujian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas,
Quiz, UTS, dan UAS.Test EpRT dengan skor kelulusan minimal 450Penilaian melalui pembuatan makalah dan presentasi
untuk mengetahui penguasaan materi dan kemampuan berkomunikasi
Melakukan presentasi tentang materi keteknikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang baku, serta kaidah keteknikan yang bakuMenulis makalah dan laporan kegiatan ilmiah dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang baku, serta kaidah keteknikan yang baku  
(CP4) Memiliki pengetahuan dan kemampuan menerapkan matematika, sains dan rekayasaKemampuan untuk mejelaskan konsep Matematika dan sains dalam memecahkan permasalahan keteknikan sederhanaKemampuan menggunakan konsep matematika dan sains dalam memecahkan permasalahan keteknikan sederhana Mata kuliah yang terkait adalah: Fisika I Kalkulus I           Fisika IIKalkulus II          Matematika Rekayasa I Termodinamika Teknik Probabilitas dan StatistikaAnalisis Numerik            Matematika Rekayasa II Gelombang dan Akustika Fisika ModernTeknik Tenaga Listrik   Perpindahan massa dan kalorElektromagnetikaPengolahan Sinyal  Ujian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Mahasiswa dapat mengidentifikasi, mengkategorikan dan memilih  formulasi perhitungan dan konsep dasar matematika, fisika, kimia sehingga bisa diterapkan sesuai dengan permasalahan yang dihadapiMahasiswa mampu melakukan perhitungan matematis yang tepat dalam aplikasinya di bidang ilmu dasar dan keteknikan sederhana  
(CP5) Memiliki kemampuan dalam mendesain dan melakukan eksperimen yang baik untuk menganalisis dan menginterpretasi dataKemampuan dalam memahami dan identifikasi permasalahan dalam bidang keteknikan Kemampuan merancang metode eksperimen untuk menyelesaikan malsalahKemampuan melakukan eksperimen dan mendapatkan data pengukuranKemampuan menganalisis dan menginterpretasikan dataKemampuan membuat laporan hasil eksperimen Mata kuliah yang terkait adalah:
Praktikum Fisika I Praktikum Algoritma Pemprograman               Praktikum Fisika II        Praktikum Teknik Fisika IProbabilitas dan statistikaPraktikum Teknik FIsika IIPraktikum Teknik Fisika IIITeknik PengukuranFisika Material Praktikum Teknik Fisika IVPemodelan dan Simulasi
PraktikumTugas Besar/ Proyek    Ketepatan dalam mengidentifikasi masalah untuk mendesain dan melakukan eksperimen laboratorium fisik, simulasi computer, atau eksperimen lapanganKetepatan dalam pemilihan metode sebagai pengujian gagasan dalam mendesain dan melakukan eksperimen di laboratorium fisik, simulasi computer, atau eksperimen lapangan. Ketepatan dalam melakukan eksperimen dan pengukuranKetepatan menganalisis dan membandingkan hasil eksperimen dan teoriKetepatan dalam mengambil kesimpulan dan menyusun llaporan sesuai sistematika yag ditentukan
(CP6) Memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan persoalan engineeringKemampuan untuk mendefinisikan permasalahan engineeringKemampuan untuk mengaplikasikan beberapa metode dalam memecahkan permasalahan engineeringKemampuan untuk menerapkan metode yang tepat dalam memecahkan permasalahanKemampuan dalam menganalisis hasil dan kesimpulan untuk membuat solusi yang tepat Mata kuliah yang terkait: Algoritma dan pemogaman BDasar Rangkaian ListrikThermodinamika TeknikElektronika DasarTeknik tenaga listrik     Teknik Pengukuran Elektronika DigitalDinamika SistemAnalisis TermalPerpindahan Masa dan KalorFisika Material Teknik InstrumentasiPengolahan SinyalKontrol AutomatikMetode Nondestructive TestingElektronika DayaMekanika TeknikFisika BangunanPemodelan dan simulasiMikrokontrollerPenulisan Karya Ilmiah dan ProposalSistem Kontrol CerdasPolusi dan Kebencanaan Rekayasa SemikonduktorFisika Medis Automasi IndustriSistem Energi dan KontrolKapita selekta materialTeknologi Sel Surya  Ujian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Ketepatan dalam pendefinisian masalah keteknikan. Ketepatan dalam menjalankan beberapa metode untuk pemecahan masalah engineeringKetepatan dalam memilih metode untuk permasalahan engineering tertentuKetepatan dalam menganalisi dan membuat kesimpulan sehingga bisa didapatkan solusi terbaik dari permasalahan engineering
(CP7) Memiliki kemampuan dalam mendesain sistem, komponen atau proses yang mempertemukan kebutuhan yang ditinjau di bidang teknik fisika dengan kendala real.Kemampuan dalam Identifikasi sistem, komponen, dan proses yang terjadi untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan sesuai dengan kendala realKemampuan merancang sistem, pemilihan komponen yang tepat untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan sesuai dengan kendala realKemampuan Analisis proses dari perpormansi sehingga bisa menarik kesimpulan apakah sudah memenuhi kebutuhan yang diharapkan sesuai dengan kendala real Mata kuliah yang terkait: Algoritma dan pemogaman BDasar Rangkaian ListrikElektronika Dasar          Teknik Pengukuran Elektronika DigitalKontrol AutomatikMetode Nondestructive TestingMekanika TeknikPemodelan dan simulasiRekayasa SemikonduktorKapita Selekta EnergiKapita Selekta material  Ujian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Ketepatan dalam mengidentifikasi sistem, komponen, sehingga cocok utnuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan sesuai dengan kendala real.Ketepatan dalam metode perancangan sistem termasuk pemilihan komponen yang tepat sesuai fungsinya sehingga tercapai kebutuhan yang diharapkanKetepatan dalam menganalisi hasil dan menarik kesimpulan apakah solusinya sudah memenuhi kebutuhan atau belum  
(CP8) Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik, skill dan perangkat engineering dalam praktek engineeringKemampuan dalam mengidentifikasi dan kelemahan dan kelebihan suatu metode Kemampuan dalam menjalankan metode dan mengoperasikan perangkat Teknik Kemampuan dalam menggunakan keterampilan engineering yang berkaitan dengan Teknik Fisika Mata kuliah yang terkait: Pengenalan Teknik FisikaAlgoritma dan Pemograman BKonsep Pengenalan Sains dan Teknologi A                       Gelombang dan AkustikaGambar Teknik dan InstrumentasiPerpindahan Massa dan KalorAnalisis ThermalTeknik Konversi EnergiFisika BangunanMikrokontrollerRekayasa PendinginanRekayasa SemikonduktorTeknologi Sel SuryaPengenalan Teknik FisikaUjian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Ketepatan dalam mendeskripsikan metode seperti:metode komputasimetode pengukuranmetoda pengambilan dataKetepatan dalam mengaplikasikan dan menggunakan metode keteknikan seperti:metode komputasi pada persoalan numerik dan simulasiMetode Gambar Teknik sebagai komunikasi visual keteknikanMetode eksperimental untuk persoalan sistem pengukuran dan  pengambilan dataMemiliki keterampilan membuat PCB, menyolder, dan keterampilan pemogram dalam bidang elektrik, mekanik, dan simulasi komputer
(CP9) Mampu mengintegrasikan berbagai sistem fisis yang diperlukan industri, dan menjembatani antara sains dan teknik dan antar bidang teknik lainKemampuan mengidentifikasi sistem fisis dari segi fungsi dan cara kerja dengan dasar sains dan berbagai bidang teknikKemampuan memahami dan mengidentifikasi koneksi antar sistem fisisKemampuan mengidentifikasi permasalahan dalam industri dan Kemampuan mengintegrasikan sistem fisis berdasarkan fungsi dan cara kerja Mata kuliah yang terkait: Teknik InstrumentasiManagemen EnergiTugas AkhirTeknik Instrumentasi  Pembuatan Proposal Tugas AkhirPengerjaan Tugas AkhirUjian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Ketepatan dalam mengidentifikasi fungsi dan cara kerja setiap komponen dalam suatu digram blok instrument dan alat ukurKetepatan dalam mendeskripsikan dan mengidentifikas koneksi antar komponen sehingga membentuk suatu fungsi tertentuKetepatan dalam mengidentifikasi masalah dalam industry yang sesuai dengan kaidah sains dan keteknikanKetepatan dalam merangkai komponen sistem sehingga terbentuk suatu instrument atau alat ukur yang memiliki fungsi sebagai suatu solusi
(CP10) Memiliki pengetahuan yang luas untuk memahami dampak dari solusi engineering dalam perspektif global, ekonomi, dan socialMemahami tentang sains, engineering dan keterkaitannya dengan social, ekonomi secara globalMemahami persoalan engineering dan dampaknya terhadap kehidupan social, ekonomi, dalam masyarakat global   Mata kuliah yang terkait: Stadium GeneraleKeandalan dan KeselamatanEkonomi Teknik Penulisan Karya Ilmiah dan ProposalPolusi dan KebencanaanMamagemen EnergiRekayasa Pendinginan Kapita Selekta EnergiStadium GeneralePembuatan Proposal Tugas AkhirPengerjaan Tugas AkhirUjian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Ketepatan dalam mendeskripsikan, mengkategorikan, dan menyimpulkan  keterkaiatan antara sains-enginering dengan kehidupan social, ekonomi dalam masyarakat global Ketepatan dalam mendeskripsikan, mengkategorikan,
(CP11) Memiliki kesadaran dalam mengembangkan diri untuk dapat belajar sepanjang hayatmemiliki pemahaman tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologiMemiliki pemahaman tentang pengembangan profesi dan upgrade keterampilan yang berkelanjutanMemiliki kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan informasi terkini Mata kuliah yang terkait: Pengenalan Teknik FisikaKonsep Pengenalan Sains dan Teknologi                           Stadium Generale KewirausahaanUjian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas tiap minggu  Ketepatan dalam mendeskripsikan, mengkategorikan, dan menyimpulkan kegunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari hariKetepatan dalam mendeskripsikan hal hal yang berkaitan dengan pengembangan profesi dan keterampilan Ketepatan dalam memilih dan menggunakan metode pencarian informasi yang efektif dan efisien
(CP12) Memiliki wawasan dan kemampuan entrepreneurship Kemampuan memahami entrepreneurshipKemampuan memahami inovasi, kreativitas, dan pengembangan ide dalam entrepreneurshipKemampuan memahami proses dalam entrepreneurship seperti bisnis plan, negosiasi, relasi, team work, Kemampuan memahami aspek operasional dan finansial pada bisnis plan Mata kulaih terkait Gambar Teknik dan InstrumentStadium GeneraleKewirausahaanEkonomi Teknik             Manajemen Proyek  Ujian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas Besar/ Proyek  Ketepatan dalam menjelaskan pengertian entrepreneurshipKetepatan dalam menjelaskan inovasi, kreativitas, dan pengembangan ideKetepatan dalam menjelaskan bisnis planKetepatan dalam menjelaskan team work dalam entrepreneurship Ketepatan dalam menghubungkan aspek operasional dan finansial pada bisnis planKetepatan dalam menjelaskan negosiasi, relasi, dan usahaKetepatan dalam membuat desain produk yang merupakan pengembangan dari inovasi, kreatifitas, dan ide
(CP13) Memiliki kemampuan kerja dalam tim multidisiplinKemampuan memahami kerjasama dalam suatu timKemampuan dalam memahami toleransi dalam tim multidisiplin dalam bidang Teknik ataupun budayaKemampuan dalam menyelesaikan tugas dalam tim   Mata kuliah yang terkait: Konsep Pengenalan Sains dan Teknologi                           Kerja Praktek/Magang KewirausahaanKeandalan dan keselamatanManajemen ProyekTugas Akhir  Pembuatan LaporanUjian Presentasi  Ketepatan mendeskripsikan kerjasama tim.Ketepatan mendeskripsikan ruang lingkup bidang keteknikan yang dimiliki dalam lingkungan keteknikan yang multidisiplinKetepatan dalam mendeskripsikan toleransi dalam hal budaya dan keyakinanKetepatan waktu dalam menyelesaikan laporan anggota tim yang sudah dijadwalkanKetepatan dalam penyelesaian masalah yang diembankan pada suatu tim
(CP14) Memiliki wawasan ICT dan isu-isu terkiniKemampuan memahami teknologi informasi pada level penggunaKemampuan memahami inovasi, kreativitas, dan pengembangan ide melalui teknologi informasiMemiliki kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan informasi terkini Mata kuliah yang terkait: Pengenalan Teknik FisikaLiterasi TIK                        Geladi                                   Stadium GeneraleKewirausahaan                Manajemen ProyekTugas AkhirUjian tiap MK terkait, yang terdiri dari minimum 4 komponen yaitu: Tugas, Quiz, UTS, dan UAS.Tugas tiap minggu  Ketepatan dalam mendeskripsikan teknologi informasi Ketepatan dalam mendeskripsikan inovasi, kreativitas, dan pengembangan ide yang terkait dengan teknologi informasiKetepatan dalam memilih dan menggunakan teknologi informasi yang efektif dan efisien dalam mendapatkan isu isu terkini
(*): Kolom ini diisi hanya jika dibutuhkan sesuai dengan bagaimana Program Studi mendefinisikan Capaian Pembelajarannya. Biarkan kosong apabila tidak diperlukan

Penjadwalan Pengukuran (assessment) Capaian Pembelajaran Pogram Studi

Pemetaan mata kuliah terhadap Capaian Pembelajaran Program Studi serta jadwal pengukuran asesmennya disajikan pada dibawah:

Pemetaan mata kuliah terhadap Capaian Pembelajaran Program Studi serta jadwal pengukuran asesmennya